Terus Dilanda Hujan Deras, Kenaikan Debit Air Danau Limboto Meningkat dan Akibatkan Banjir
banner image

Terus Dilanda Hujan Deras, Kenaikan Debit Air Danau Limboto Meningkat dan Akibatkan Banjir

Kamis, 04 Juli 2024, Juli 04, 2024

Gorontalo, jejakkriminal.net - 

Hujan deras yang melanda Desa Tabumela dalam beberapa hari terakhir menyebabkan debit air danau Limboto meningkat.


Meningkatnya debit air danau ini mengakibatkan banjir pada beberapa dusun di Desa Tabumela Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, Kamis (4/7/2024) dini hari. Sejumlah rumah terendam banjir.


Berdasarkan pantauan jejakkriminal.net, Kamis (4/7/2024), air danau yang meluap pada beberapa dusun dengan ketinggian beragam. 


Ada yang sudah mencapai paha orang dewasa bahkan ada yang sudah mencapai dada.

"Air mulai meluap itu sekitar pukul 22:30 WITA tadi malam sosudah acara takziah, depe tinggi air masih dibawah telapak kaki, sekarang sudah sampe di paha," ungkap Karim Rajak, warga dusun 1.


Dengan begitu, Karim berharap pihak pemerintah dapat memberikan perhatian terhadap warga terdampak dan mempercepat pekerjaan pembuatan tanggul yang sementara dikerjakan agar banjir tidak meluap lagi.


"Semoga hal ini ada perhatian pemerintah untuk datang meninjau dan memberikan sedikit bantuan bagi warga banjir yang terdampak, dan permasalahan tanggul ini semoga bisa menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah agar secepatnya bisa diselesaikan, agar tidak lagi meluapnya banjir di permukiman warga, sehingga aktivitas warga tidak terganggu dan dapat beraktivitas normal lagi," ujar Karim.


Berdasarkan cerita warga Tabumela, mereka sudah tidak kaget lagi dengan banjir yang tiba-tiba meluap dan merendam rumah mereka yang ada di pinggiran Danau Limboto tersebut.


"karena rumah kami juga berdekatan dengan danau, jadi setiap turun hujan selalu banjir, makanya kami tidak kaget lagi jika ada air yang tiba-tiba meluap," kata warga setempat.


(Iswan) 

TerPopuler